ABSTRAK
Peningkatan
Keterampilan Mendeskripsikan Binatang melalui Pendekatan Kontekstual dengan
Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas II SDN Sera Barat I Bluto Sumenep
Kata-kata
kunci: Model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya meningkatkan ketrampilan mendeskripsikan binatang melalui
pendekatan kontekstual dengan menggunakan media gambar siswa kelas II SDN Sera
Barat I Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan classromm-based
action research dengan peningkatan pada unsur desain untuk memungkinkan
diperolehnya gambaran keefektifan tindakan yang dilakukan.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Dengan menggunakan pendekatan
kontekstual, pada siklus I secara prosentase kemampuan atau keterampilan mendeskripsi secara
tertulis terjadi peningkatan yang cukup signifikan yakni sebesar 18,4%, atau
tepatnya sebelum dilaksanakan tindakan prosentase yang dicapai sebesar 27% meningkat
menjadi 45,4% setelah dilaksanakan siklus I namun masih dalam kategori Kurang. (2) pada
siklus II lebih berhasil dibanding dengan tindakan/siklus I dengan hasil
prosentase 59% dalam kategori Sedang. (3) sedangkan pada siklus III
terjadi peningkatan 27,3% dari siklus II dan mencapai prosentasi 86,3% dalam
kategori Sangat Baik. Sehingga pada siklus III pembelajaran dianggap
berhasil dan tujuan pembelajaran tercapai.
ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA? HUBUNGI KAMI DI
fatkhalla.spdi@gmail.com
No comments:
Post a Comment
Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.