PAPERS EDUCATION and Islamic

Tuesday, September 8, 2015

Skripsi - KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF Sir. MUHAMMAD IQBAL DALAM MENCIPTAKAN INSAN KAMIL

ABSTRAK

Masalah yang diteliti di sini ada tiga, yang pertama tentang konsep pendidikan Islam perspektif Dr. Sir. Muhammad Iqbal, kemudian konsep Insan Kamil perspektif Dr. Sir. Muhammad Iqbal, dan berikutnya adalah konsep Insan Kamil Dr. Sir. Muhammad Iqbal dalam perspektif pendidikan Islam.
Dalam   penulisan    skripsi    ini,    penulis   menggunakan    metode   penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research atau penelitian berbasis kepustakaan. Dengan metode analisis isi, analisis histori dan analisis deskriptif. Dikarenakan  penelitian ini berbasis kepustakaan, maka yang berupa catatan, transkrip buku, surat kabar,  majalah,  prasasti,  notulen  rapat,  catatan  agenda  dan  sebagainya  digunakan dalam proses pengumpulan datanya.
Pendidikan Islam menurut Iqbal, secara terpisah, makna dari kata pendidikan itu dipandang sebagai suatu keseluruhan daya budaya yang me mpengaruhi kehidupan perorangan maupun kelompok masyarakat. Sedangkan makna kata Islam bagi Iqbal, adalah agama yang perlu dan wajib mendapat tempat yang paling utama dalam pendidikan. Tentunya pengertian ini masih dalam batasan ranah pendidikan Islam, jadi sah-sah saja jikalau Iqbal punya pendapat tentang makna Islam tersebut.
Insan Kamil menurut Iqbal, harus melalui empat tahap. Yang pertama Cinta, Keberanian, Toleransi, dan Faqr.
Dalam  perspektif  pendidikan  Islam,  Insan  Kamil  menjadi  dua  bagian, pertama, adalah perihal Individualitas, berisi perjalanan manusia dalam melalui berbagai ujian hidup. Yang mana akan mendewasakan dan menempatkan derajat dari pribadi manusia tersebut pada tempatnya. Kedua Pendidikan Watak, tentang pembentukan dasar berpikir manusia dengan benar sebagai pembentuk karakter dan kepribadian.
Menurut Iqbal dan persepsi pendidikan Islam, perlu dibentuk konsep diri manusia dengan jelas dan baik yang berlandaskan nilai-nilai agama, sehingga mampu tercipta Insan yang Kamil.
Dan terakhir  saran bagi  umat Islam. Bahwa sejatinya tujuan dan akhir dari pada manusia itu adalah mengarah kepada pembentukan insan yang kamil. Jadi diharapkan, semuanya berlomba- lomba menggapai derajat tersebut dengan semangat Iman, Islam dan Ihsan.

JIKA ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA, SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL:
fatkhalla.spdi@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.

"HANYALAH SANDIWARA" (catatan panjang dari sebuah konklusi yang hilang)

Disadari atau tidak, kita adalah pemain sandiwara didunia fana ini. Setiap kita memerankan diri kita sesuai dengan skenario / cerita yang...