PAPERS EDUCATION and Islamic

Tuesday, September 8, 2015

Skripsi - KONSEPSI BELAJAR DALAM SURAT AL-'ALAQ AYAT 1-5 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEMPELAJARI SAINS DAN TEKNOLOGI

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menggali  dan  mengetahui:  1)  konsepsi belajar dalam al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5.; 2) implementasi konsepsi belajar dalam al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5 dalam mempelajari sains dan teknologi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode tahlili dan metode  content  analitys  untuk  menggali  kandungan  surat  al-‘Alaq  ayat  1-5 tentang konsepsi belajar dan impelementasinya dalam mempelajari sains dan teknologi.
Setelah dilakukan kajian yang mendalam, diketahui bahwasannya dalam surat al-'Alaq ayat 1-5 yang pertama turun kepada nabi Muhammad pada dasarnya merupakan bentuk perintah untuk memperhatikan pengetahuan. Hal ini karena pengetahuaan adalah sangat penting peranananya bagi manusia, sehingga surat al-
Alaq lebih menggunakan kata iqra’ dan al-qalam. Diakui atau tidak, keduanya sangat  penting  perannya  dalam  proses  pembelajaran,  khususnya  dalam mempelajari   sains   dan   teknologi.   Dalam   mempelajari   sains   dan  teknologi, membaca tidak sekedar melihat catatan. Namun lebih jauh dari itu adalah untuk membaca asma dan kemuliaan Allah, membaca teknologi genetika, membaca teknologi komunikasi, dan membaca segala yang belum terbaca, sehingga dengan membaca ini terjadi suatu perubahan, baik perubahan pengetahuan dari tidak tahu menjadi tahu atau bahkan pada perubahan tingkah laku dan sikap yang merupakan ciri   dari   keberhasilan   aktifitas   belajar.   Di   samping   itu,   dengan   membaca diharapkan membawa tertanamnya keimanan dan ketakwaan seseorang sebagai wujud  dari  perubahan  yang  merupakan  hasil  dari  proses  pembelajaran.  Oleh karena itu, wahyu pertama yang diterima oleh nabi Muhammad saw adalah komunikasi verbal pertama Allah SWT kepada nabi Muhammad saw. Menurut Muhammad  Abduh  bahwa  dalam  ayat  ini  yang  dibaca  adalah  “nama”,  sebab “nama” mengantarkan kepada pengetahuan tentang dzat. Penciptaan kemampuan membaca  akan  menarik  perhatian  manusia  ke  arah  pengetahuan  tentang  dzat Allah  SWT  serta  sifat-sifat-Nya  semuanya.  Karena  membaca  merupakan  suatu ilmu  yang  tersimpan  dalam  jiwa  yang  aktif,  sedangkan  pengetahuan  tersebut masuk ke dalam pikiran manusia atas ijin Allah SWT melalui kemurahan-Nya, ilmu-Nya,  qudrat-Nya  serta iradah-Nya.  Di samping  itu, membaca  yang dimaksudkan dalam surat al-‘Alaq juga sebagai bentuk pencerahan intelektual.

JIKA ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA, SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL:
fatkhalla.spdi@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.

"HANYALAH SANDIWARA" (catatan panjang dari sebuah konklusi yang hilang)

Disadari atau tidak, kita adalah pemain sandiwara didunia fana ini. Setiap kita memerankan diri kita sesuai dengan skenario / cerita yang...