PAPERS EDUCATION and Islamic

Tuesday, September 8, 2015

Skripsi - KONSEPTUALISASI QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN FIQH

ABSTRAK

Luhurnya  tujuan  mata  pelajaran  fikih  untuk  mencetak  sosok  individu yang   memiliki   keimanan,   komitmen   ritual   dan   social   pada   tingkat   yang diharapkan  seringkali  tidak  seimbang  dengan  perhatian  yang  diberikan  siswa ataupun kesungguhan yang disajikan oleh guru. Salah satu faktornya adalah pembelajarannya dilaksanakan secara monoton sehingga membuat siswa tidak tertarik  dan  gurupun  menjadi  jenuh.  Salah  satu  strategi  pembelajaran  yang diajukan untuk mengatasi masalah tersebut adala Quantum Teaching. Yaitu pembelajaran yan menekankan pengoptimalan interaksi semua unsur yang mendukung belajar yang efektif.
Skripsi ini mencoba menguraikan secara operasional langkah-langkah yang harus  dijalankan  oleh  guru  dan  siswa  untuk  melaksanakan  strategi  quantum teaching dalam pembelajaran  fikih di madrasah. Yang mana hal ini bermanfaat untuk mengatasi problem pembelajaran fikih. Sebab melalui penelitian ini dapat ditemukan   karakteristik   mata   pelajaran   dilaksanakan.   Sehingga   dengan   hal tersebut dapat diketahui bagaimana langkah-langkah penerapannya dalam pembelajaran fikih.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam lingkup penelitian pustaka (library research).  Pengumpulan data dilakukan dengan menginventarisir data  fikih dan quantum teaching, baik yang berupa data primer, sekunder maupun data  pendukung  yang  keseluruhannya  bersumber  dari  riset  kepustakaan  dan didekati dengan metode verstehen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, content analysis dan metode komparasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa langkah-langkah pembelajaran fikih dengan quantum teaching adalah meliputi persiapan, kegiatan pembelajaran  dan  evaluasi.  Sedangkan  inti  implementasi  kerangka pembelajarannya adalah terletak pada konsep TANDUR yang dilaksanakan ketika kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

JIKA ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA, SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL: 
fatkhalla.spdi@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.

"HANYALAH SANDIWARA" (catatan panjang dari sebuah konklusi yang hilang)

Disadari atau tidak, kita adalah pemain sandiwara didunia fana ini. Setiap kita memerankan diri kita sesuai dengan skenario / cerita yang...