ABSTRAK
Luhurnya tujuan
mata pelajaran fikih untuk
mencetak
sosok individu yang memiliki keimanan, komitmen ritual dan social pada tingkat yang diharapkan
seringkali
tidak
seimbang dengan perhatian yang
diberikan siswa ataupun kesungguhan yang disajikan oleh
guru. Salah satu
faktornya adalah pembelajarannya dilaksanakan secara monoton sehingga membuat siswa
tidak
tertarik dan gurupun
menjadi
jenuh.
Salah
satu
strategi
pembelajaran yang diajukan untuk mengatasi masalah tersebut adala Quantum Teaching. Yaitu pembelajaran yan
menekankan pengoptimalan interaksi semua unsur yang mendukung belajar yang efektif.
Skripsi ini mencoba menguraikan secara
operasional langkah-langkah yang harus
dijalankan oleh
guru
dan
siswa
untuk
melaksanakan
strategi quantum teaching
dalam pembelajaran fikih di madrasah. Yang mana hal ini bermanfaat untuk mengatasi problem pembelajaran fikih. Sebab melalui penelitian ini dapat ditemukan karakteristik
mata
pelajaran dilaksanakan.
Sehingga
dengan hal tersebut dapat
diketahui bagaimana langkah-langkah penerapannya dalam pembelajaran
fikih.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam lingkup penelitian pustaka (library research).
Pengumpulan data dilakukan dengan menginventarisir data fikih dan
quantum teaching, baik yang berupa data primer, sekunder maupun data pendukung yang keseluruhannya bersumber
dari
riset
kepustakaan
dan didekati dengan metode verstehen. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, content analysis dan metode komparasi.
Hasil penelitian ini
mengungkapkan
bahwa
langkah-langkah
pembelajaran
fikih dengan quantum teaching
adalah meliputi persiapan, kegiatan pembelajaran dan
evaluasi. Sedangkan inti
implementasi kerangka pembelajarannya adalah terletak pada konsep TANDUR yang dilaksanakan ketika
kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
JIKA
ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA, SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL:
fatkhalla.spdi@gmail.com
No comments:
Post a Comment
Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.