ABSTRAK
Al-Qur'an adalah petunjuk bagi umat manusia, dan al-Qur'an menempati posisi sentral dalam pendidikan Islam. Al-Qur'an merupakan sumber inspirasi dan
motivasi bagi setiap Muslim untuk berpikir, berkreasi dan bertindak. Banyak penulis buku yang mengungkap
apa yang terdapat dalam al-Qur'an, salah satunya
adalah Prof. Dr. H.
M.
Quraish Shihab, MA. Buku hasil karyanya seperti Tafsir al-Misbah
dan karangan-karangannya yang lain
yang dikemukakan sangat menarik untuk dibaca dan begitu mempesona, terutama
pemikirannya mengenai metode pendidikan Islam. Pemikirannya selalu mengacu kepada al-Qur'an dan senantiasa dikontekskan dengan
perkembangan zaman.
Rumusan masalah dalam penelitian
ini
adalah bagaimana metode pendidikan Islam dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab, MA?.
Dalam pengumpulan datanya, penulis mengumpulkan data-data yang bersifat
literatur, yaitu buku-buku yang merupakan karya atau tulisan M. Quraish Shihab
sebagai data primer, kemudian dilengkapi dengan bahan-bahan lain yang bertalian
dengan pemikiran M. Quraish Shihab atau yang berkaitan dengan penelitian ini dengan pendekatan kualitatif-deskriptif terhadap
data primer dan sekunder, serta didukung
dengan analisis data menggunakan metode deduktif, induktif dan komparatif.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode
pendidikan Islam yang terkandung dalam al-Qur’an surat Luqman ayat
13-19 menurut Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab,
MA
adalah metode nasihat dan keteladanan. Metode ini bukan
hanya dapat menghantarkan anak didik untuk memahami dan mengetahui sebuah
konsep akan tetapi juga menghantarkan anak didik untuk berperilaku
baik dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercapailah tujuan pendidikan secara optimal yakni bertakwa kepada Allah SWT.
JIKA ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA,
SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL:
fatkhalla.spdi@gmail.com
No comments:
Post a Comment
Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.