PAPERS EDUCATION and Islamic

Monday, September 7, 2015

Skripsi - METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-19 MENURUT PROF. DR. H.M. QURAISH SHIHAB, MA

ABSTRAK

Al-Qur'an adalah petunjuk bagi umat manusia, dan al-Qur'an menempati posisi sentral dalam pendidikan Islam. Al-Qur'an merupakan sumber inspirasi dan motivasi bagi setiap Muslim untuk berpikir, berkreasi dan bertindak. Banyak penulis buku yang mengungkap apa yang terdapat dalam al-Qur'an, salah satunya adalah Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab, MA. Buku hasil karyanya seperti Tafsir al-Misbah dan karangan-karangannya yang lain yang dikemukakan sangat menarik untuk dibaca dan begitu mempesona, terutama pemikirannya mengenai metode pendidikan Islam. Pemikirannya selalu mengacu kepada al-Qur'an dan senantiasa dikontekskan dengan perkembangan zaman.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan Islam dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab, MA?.
Dalam pengumpulan datanya, penulis mengumpulkan data-data yang bersifat literatur, yaitu buku-buku yang merupakan karya atau tulisan M. Quraish Shihab sebagai data primer, kemudian dilengkapi dengan bahan-bahan lain yang bertalian dengan pemikiran M. Quraish Shihab atau yang berkaitan dengan penelitian ini dengan pendekatan kualitatif-deskriptif terhadap data primer dan sekunder, serta didukung dengan analisis data menggunakan metode deduktif, induktif dan komparatif.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode pendidikan Islam yang terkandung dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menurut Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab, MA adalah metode nasihat dan keteladanan. Metode ini bukan hanya dapat menghantarkan anak didik untuk memahami dan mengetahui sebuah konsep akan tetapi juga menghantarkan anak didik untuk berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercapailah tujuan pendidikan secara optimal yakni bertakwa kepada Allah SWT.

JIKA ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA,
SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL:
fatkhalla.spdi@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.

"HANYALAH SANDIWARA" (catatan panjang dari sebuah konklusi yang hilang)

Disadari atau tidak, kita adalah pemain sandiwara didunia fana ini. Setiap kita memerankan diri kita sesuai dengan skenario / cerita yang...