PAPERS EDUCATION and Islamic

Tuesday, September 8, 2015

Skripsi - MENUMBUHKAN MINAT ANAK TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pemikiran Zakiah Daradjat)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimanakah  konsep Zakiah
Daradjat tentang menumbuhkan minat anak terhadap pendidikan agama Islam.
Penelitian  ini  adalah  penelitian  pustaka  murni  (library  research),  yaitu suatu penelitian yang menggunakan bahan pustaka sebagai sumber data dan analisisnya. Metode analisis data yang digunakan adalah metode content analitis dan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pemikiran Zakiah Daradjat tentang menumbuhkan minat anak terhadap pendidikan agama Islam menjadi bagian terpenting  sebagai  upaya  untuk  menanamkan  nilai-nilai  ajaran  Islam.  Hal  ini karena, anak merupakan anugerah dan amanah dari Allah kepada manusia yang menjadi orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua, sekolah dan masyarakat bertanggung jawab terhadap pendidikan agama Islam anak. Berkaitan dengan hal ini, Zakiah berpendapat bahwa orang tua sangat penting perannya dalam upaya menumbuhkan  minat  anak  terhadap  pendidikan  agama  Islam.  Hal  ini  didasari alasan,  bahwa  dengan  menumbuhkan  minat  anak  terhadap  pendidikan  agama Islam, maka pendidikan  agama Islam itu akan berpengaruh  terhadap kehidupan anak. Sehubungan dengan hal ini, maka upaya untuk menumbuhkan minat anak terhadap pendidikan agama, materi yang ditekankan oleh Zakiah lebih diutamakan pada aspek ibadah dan akhlak.
Pemikiran Zakiah Daradjat tentang menumbuhkan minat anak terhadap pendidikan agama Islam pada dasarnya memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan pemikiran Zakiah tentang upaya menumbuhkan minat anak terhadap pendidikan agama Islam lebih difokuskan kepada keluarga, khususnya orang tua. Hal ini adalah sesuatu yang sangat penting, sebab keluarga merupakan lingkungan yang pertama dikenal anak dan orang tua yang pertama sebagai peletak dasar pendidikan anak dalam keluarga. Sementara itu, kelemahan pemikiran Zakiah Daradjat terletak pada materi pendidikan agama yang diberikan pada anak. Dalam hal  ini,  Zakiah  Daradjat  lebih  memfokuskan  pada  aspek  ibadah  dan  akhlak. Padahal dalam konsep pendidikan agama Islam, materi pendidikan meliputi aspek akidah,  ibadah  dan  akhlak.  Oleh  karena  itu,  Zakiah  Daradjat  kurang memperhatikan aspek akidah. Padahal aspek akidah adalah sebagai upaya untuk memperkuat keyakinan anak. Anak harus dapat mengenal Tuhan sebagai konsep dasar untuk memperkuat keyakinannya.

JIKA ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA, ANDA BISA MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL:

fatkhalla.spdi@gmail.com
 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.

"HANYALAH SANDIWARA" (catatan panjang dari sebuah konklusi yang hilang)

Disadari atau tidak, kita adalah pemain sandiwara didunia fana ini. Setiap kita memerankan diri kita sesuai dengan skenario / cerita yang...