ABSTRAK
Kata Kunci: Kartini, Gender, dan
Pendidikan Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pendidikan Berwawasan
Gender. 2) Pokok-pokok Pemikiran R.A Kartini tentang Pendidikan
Berwawasan Gender yang tertuang
dalam buku Habis
Gelap Terbitlah Terang dan relevansinya
dalam pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan
penelitian kepustakaan (library research). Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, dengan teknik metode deskriptif
analitis filosofis. Data penelitian yang
sudah
terkumpul kemudian
dianalisis
dengan menggunakan metode komperatif, interpretatif, dan sintesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidikan berwawasan gender
adalah pendidikan yang didalamnya ada nilai-nilai keadilan
bagi laki-laki dan
perempuan sehingga mereka mampu mengembangkan
potensi yang dimilikinya sehingga dapat dapat berperan
aktif dan mempunyai
ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan dalam pendidikan berwawasan gender lebih menekankan keadilan bagi kedua jenis kelamin (laki-laki
dan perempuan) baik dalam proses belajar mengajar maupun buku-buku
penunjang agar mereka dapat berperan aktif dalam lingkungannya. (2) Pokok-pokok pemikiran R.A Kartini
tentang pendidikan berwawasan gender dan relevansinya dalam pendidikan Islam adalah
ada kesamaan tujuan antara pemikiran R.A Kartini
dan pendidikan Islam. Hal itu terletak
pada memberikan hak yang sama diantara
individu baik laki-laki dan perempuan
dalam memperoleh pendidikan. Agar mampu berperan serta atau bermanfaat terhadap lingkungannya serta mempunyai akhlak yang baik. Dalam arti takwa pada Tuhan Yang Maha
Esa.
ANDA BUTUH
SKRIPSI INI?
HUBUNGI
KAMI VIA EMAIL: fatkhalla.spdi@gmail.com
No comments:
Post a Comment
Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.