PAPERS EDUCATION and Islamic

Tuesday, May 13, 2014

Skripsi - KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MAHMUD YUNUS

ABSTRAK

Pada abad ke-20 situasi pendidikan Islam di Indonesia pada umumnya masih bercorak tradisional. Kurikulum yang digunakan pada berbagai lembaga pendidikan Islam masih bercorak dikotomis antara ilmu agama dan ilmu umum. Orientasi pengajaran masih bertumpu pada penguasaan materi melalui sistem hafalan yang serba verbalistik. Yakni mampu mengucap tapi tidak mengerti maksud tujuannya, apalagi mengamalkannya. Dalam kajian ini penulis memfokuskan pembahasan tentang bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus, sebagai tokoh pembentukan pendidikan Islam.
Hal ini dapat dilihat dari pemikiran beliau dalam mendeskripsikan tujuan pendidikan,  kurikulum,  metode,  guru  dalam  pendidikan  Islam,  dalam menggambarkan tujuan pendidikan Islam, manusia berakhlak mulia dan mampu mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya. Sedangkan dalam pembuatan kurikulum, beliau menerapkan kurikulum integrated, yaitu mamadukan ilmu agama dan ilmu umum di lembaga pendidikan Islam.
Adapun metode pembelajaran yang diterapkan oleh Mahmud Yunus, tidak hanya cenderung pada metode ceramah saja, tetapi beliau menggunakan metode pengajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan materi pelajaran tersebut sehingga antara materi pembelajaran akan terintegrasi.
Sedangkan guru yang diharapkan oleh Mahmud Yunus adalah menekankan agar setiap guru bisa hidup dan bertempat tinggal di tengah-tengah peserta didik, sehingga komunikasi antara guru dengan murid dapat dilakukan dengan penuh kasih sayang.


JIKA ANDA BUTUH FILE LENGKAPNYA, SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI LEWAT EMAIL: 
fatkhalla.spdi@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah sudi mampir di sini.

"HANYALAH SANDIWARA" (catatan panjang dari sebuah konklusi yang hilang)

Disadari atau tidak, kita adalah pemain sandiwara didunia fana ini. Setiap kita memerankan diri kita sesuai dengan skenario / cerita yang...